Pengertian Ta'kid Al-Madh Bima Yusybihu Adz-Dzam Dan Contohnya Dalam Balaghah
Ta'kid Al-Madh bima Yusybihu Adz-Dzam (Memperkuat pujian dengan kata-kata yang menyerupai celaan) merupakan bagian dari Bab Keindahan-keindahan Maknawi dalam Ilmu Badi' bagian pembahasan ke 5 dari 7 pembahasan, yaitu:
1. Tauriyah
2. Thibaq
3. Muqabalah 4. Husnu At-Ta'lil
5. Ta’kid Al-Madh bima Yusybihu Adz-Dzam
6. Ta’kid Adz-Dzam bima Yusybihu Al-Madh
7. Uslub Al-Hakim
Dalam tulisan kali ini kita akan membahas Pengertian Ta’kid Al-Madh bima Yusybihu Adz-Dzam Dan Contohnya Dalam Balaghah.
1. Tauriyah
2. Thibaq
3. Muqabalah 4. Husnu At-Ta'lil
5. Ta’kid Al-Madh bima Yusybihu Adz-Dzam
6. Ta’kid Adz-Dzam bima Yusybihu Al-Madh
7. Uslub Al-Hakim
Dalam tulisan kali ini kita akan membahas Pengertian Ta’kid Al-Madh bima Yusybihu Adz-Dzam Dan Contohnya Dalam Balaghah.
Ta'kid Al-Madh bima Yusybihu Adz-Dzam ada dua macam:
تأكيد المدْحِ بِما يُشْبِهُ الذَّمَّ ضربان:
1. أنْ يُسْتَــثْنَى
من صفة ذمّ مَنْفِيّة صفةُ مدْحٍ.
2. أن يُثْـبَت
لشيء صفةُ مدح، ويُؤتَى بعدَها بأداة استـثـناءٍ تَلِيْها صفةُ مدحٍ أُخرى.
Memperkuat-pujian-dengan-kalimat-yang-menyerupai-celaan-itu-ada-dua-macam:
1.
Mengecualikan-sifat-pujian-dari-sifat-celaan-yang-dinafikan.
2.
Menetapkan
sifat pujian bagi sesuatu, setelah itu mendatangkan huruf istitsna, diikuti
sifat pujian yang lain.
Contoh Jenis yang Pertama:
Ibnu Rumi berkata:
ليـسَ بِـه عَيْـبٌ سِـوَى أنّـه # لا تَقَـعُ العيـنُ على شِبْهِـهِ
Tidak-ada-cacat-padanya, selain-bahwasannya-mata-ini-tidak-akan-melihat-orang-yang-serupa-dia.
Penjelasan:
Pada
contoh di atas, Ibnu Rumi mengawali pembicaraannya dengan meniadakan kecacatan
dari orang yang dipujinya, artinya Ibnu Rumi benar-benar memuji akhlak orang
yang dipujinya tersebut. Tiba-tiba Ia datangkan harf al-istitsna yaitu
kata سِوَى,
sehingga seolah-olah dengan harf al-istitsna tersebut ada akhlak pada
diri yang dipuji Ibnu Rumi tersebut yang dikecualikan, dalam artian ada sedikit
akhlak yang tercela pada diri yang dipuji Rumi tersebut, kesan kepada pendengar
seperti itu. Tetapi kalau kita perhatikan kata-kata Rumi selanjutnya pada
contoh di atas, justru Ia mengecoh pendengar, ia tidak hendak menyebutkan
kecacatan diri yang dipujinya tersebut, melainkan justru Rumi menguatkan
pujiannya dengan kalimat yang memberi kesan mencela, Rumi benar-benar memuji diri
yang dipujinya tersebut.
Contoh Jenis yang Kedua:
Rasulullah SAW. bersabda:
أنـا أفْصَـحُ العَـرَبِ بَيْـدَ أَنّـي مِـن قريـشٍ
Saya-adalah-orang-Arab-yang-paling-fasih, hanya-saja-saya-seorang-Quraisy.
Penjelasan:
Contoh
di atas adalah kata-kata Rasulullah SAW. yang unik, kita lihat penjelasannya. Rasulullah
memuji dirinya dengan pujian yang tertera pada contoh di atas, beliau
menyatakan bahwa saya ini orang Arab yang paling fasih, tapi setelah kalimat
tersebut ada harf al-istitsna “hanya saja” seolah-olah Rasul hendak menyebutkan
kata-kata yang tidak menyenangkan setelah harf al-istitsna tersebut,
namun pendengar kali ini pun akan terkecoh apabila tidak memperhatikan kata-kata
selanjutnya yang diucapkan Rasul dalam contoh di atas, lengkapnya beliau
mengatakan “Saya adalah orang Arab yang paling fasih, hanya saja saya seorang
Quraisy”, telah diketahui secara umum bahwa Quraisy adalah kabilah Arab yang
paling fasih. Dengan demikian, mendatangkan harf al-istitsna dan
kata-kata selanjutnya justru memperkuat pujian pada kalimat pertama.
Demikian uraian mengenai pengertian takidul madhi bima yusbihu dam, contoh takidul madhi bima yusbihu dam dan penjelasan takidul madhi bima yusbihu dam dalam balaghah, semoga bermanfaat.
Baca juga:
Sumber: Kitab Al-Balaghah Al-Wadihah, karya
‘Ali Jarim dan Musthafa Amin
Post a Comment for "Pengertian Ta'kid Al-Madh Bima Yusybihu Adz-Dzam Dan Contohnya Dalam Balaghah"